Melatih Kekompakan Sambil Bakar Kalori dengan Futs
Melatih Kekompakan Sambil Bakar Kalori dengan Futs


Olahraga Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Keterampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal.

Meski lapangan yang digunakan relatif kecil namun pemain diharuskan terus bergerak berlari untuk bisa menciptakan gol maupun mempertahankan gawangnya agar tidak kemasukan. Gerakan yang dimilikipun harus lincah karena setiap detik kita bergerak sudah ada lawan yang akan menghadang. Ada dua hal utama yang harus diperhatikan saat bermain Futsal, yaitu Stamina Tubuh dan Teknik.Untuk Stamina tubuh hal-hal yang harus kita latih yaitu :

l  Kecepatan (Speed)

  Kecepatan sangatlah penting, karena dalam futsal dibutuhkan kecepatan untuk melakukan sprint pendek.

  Tips untuk melatih kecepatan adalah :

  - Jogging minimal 1 minggu sekali, minimal 3 -10 km.

  -  Lakukan sprint pendek 5-10 meter lalu jogging kecil2.

  -  Lompat-jongkok. Dengan latihan lompat-jongkok secara rutin akan meningkatkan kekuatan otot     kaki dan pahanya.

l  Kekuatan (Power)

  Kekuatan dibutuhkan saat melakukan shooting dan dribble one on one. Dengan adanya Power kita dapat dengan mudah menguasai bola dan melakukan passing, shooting maupun dribble. Tips untuk melatih power :

-  Gunakan bola futsal yang bobotnya agak berat dalam latihan,dan coba lakukanshooting berkali kali.

-  Latihan angkat beban yang difokuskan kepada bagian kaki

l  Teknik

  Untuk Teknik yang perlu kita latih adalah :

ØPassing/Mengoper Bola

  Dalam futsal, passing menentukan kemenangan. Passing yang baik dan benar juga dapat   mengecoh lawan dalam pertandingan. Tips untuk passing yang baik dan benar :

  -  Passing sekeras mungkin kearah teman.

  -  Passing diharapkan mendatar di lantai.

  -  Passing dengan menggunakan kaki bagian dalam,sehingga bola berputar (belok).

Ø  Control/Kendali

  Control bola sangat dibutuhkan untuk mengendalikan laju bola saat akan dioper atau menerima   bola.

  Tips control yang benar :

  - Gunakan telapak kaki dalam mengendalikan laju bola, dengan kaki membentuk sudutdan     tungkai kaki berada di bawah (hampir menyentuh lantai) .

Bagi Anda penggemar Futsal yang tinggal di wilayah Gading Serpong dan sekitarnya, di Summarecon Digital Center tersedia fasilitas lapangan futsal berkualitas yang dapat Anda sewa untuk berlatih bersama teman-teman atau sekedar menyalurkan hobi olahraga. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa kontak langsung ke : Futsal Nation (021) 9565 3399 / 2917 1201