Sehat ala jagoan Kung fu
Sehat ala jagoan Kung fu


Hampir semua orang di dunia mengenal olah raga beladiri “KungFu”, tapi tidak semua orang mengenal jenis olah raga “wushu”. Padahal Wushu sendiri adalah cabang dari Kungfu. Jadi Kungfu itu bisa di bagi beberapa macam yaitu Taichi dan Wushu.

Sejak awal perkembangan Wushu, pelatihan Wushu sudah terbagi menjadi dua bagian; yang pertama untuk ketahanan fisik, lazim dinamakan qigong atau ilmu pernapasan; yang kedua untuk bertempur secara fisik, lazim dinamakan waigong atau teknik tempur. Dalam berlatih qigong/Ilmu pernapasan sering disertai gerakan senam guna melengkapi pelatihannya. Sedangkan dalam menunjang pelatihan waigong (seni tempur), mereka juga dilengkapi beberapa latihan gerakan dasar untuk mempersiapkan ketahanan jasmani; gerakan ini menyerupai senam tetapi tidak seberat standar yang dituntut senam sehinga lebih mudah dilakukan oleh siapa saja.

Bagi mereka yang terlalu berat ikut olahraga senam, Wushu merupakan pilihan terbaik untuk mengembangkan bakat olahraga dan seni keindahan gerakan badan.Pelatihan gerakan-gerakan dasar Wushu memang tidak seberat patokan cabang olahraga senam, tetapi sama sekali tidak boleh dianggap enteng. Objek penempaan fisik hampir mencakup seluruh bagian anggota badan, mulai kepala sampai ujung kaki. Seperti jari-jari dan hasta tangan, siku, lutut, telapak tangan dan kaki, tulang punggung dan bahu, refleksi mata dan telinga, dsb. Sesuai kondisi masing-masing latihan dapat dimulai sejak usia enam tahun sampai usia lanjut. Gerakan Wushu komplit; meliputi berjalan, lari, lompat, teknik pukulan dan tendangan, keseimbangan, salto, kip, push up dan lain-lain.


Hasil yang dicapai latihan Wushu tidak kalah dengan cabang olahraga atletik maupun renang karena sama-sama mencangkup keseluruhan ketahanan tubuh. Banyak yang telah membuktikan bahwa dengan berlatih Wushu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kita mampu membela diri dan secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai terapi pengobatan.

Mempelajari Wushu sebenarnya tidak hanya terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan gerakan fisik belaka. Melainkan juga melibatkan pikiran, olah pernapasan, pemahaman anatomi tubuh, aliran darah dan jalur energi tubuh. Juga mempelajari penggunaan ramuan untuk memperkuat tubuh ataupun untuk pengobatan.

Disisi lain Wushu juga membentuk kepribadian, melatih kedisiplinan, ketahanan mental, kecerdikan, kewaspadaan, persaudaraan, jiwa satria dan lain sebagainya. Maka Wushu juga berfungsi sebagai ‘way of life’. Bahkan lebih jauh lagi bisa menjurus kearah pengembangan spiritual. Bagi Anda yang tinggal diwilayah Serpong, tangerang dan sekitarnya yang tertarik untuk berlatih Wushu, Scientia Square Park (SQP) Summarecon Serpong mengadakan pelatihan Wushu setiap hari Minggu mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB di Gavity Zone SQP. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi + 6221 2917 1268.Selamat berlatih :)

Summarecon Digital Center & Scientia Square Park
Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong
15810 Tangerang, Indonesia

More Information :
Twitter       : @SSQPARK & @SDCSerpong
Facebook  : Scientia Square Park & SDC Serpong
Instagram  : ssqpark & sdcserpong
Website     : www.ssqpark.com &  www.sdc-serpong.com